BUDI

Sabtu, 31 Januari 2015

HUTAN kita



 HUTAN kita




HUTAN, terdiri dari  5 huruf yakni H-U-T-A-N. Hutan sangatlah penting bagi masyarakat dunia, hutan merupakan salah satu komponen penting dalam keseimbangan ekosistem kita. Kebutuhan oksigen bagi kita tergantung ketersediaan hutan di bumi. Bayangkan jika bumi tidak ada hutan,  maka kebutuhan oksigen kita akan kekurangan dan bisa saja menimbulkan rusaknya ekosistem lingkungan di sekitar kita.

Di Indonesia terdapat hutan yang sangat luas. Namun keberadaannya sekarang sudah mulai berkurang Karena banyak hutan di Indonesia yang dirusak atau ditebangi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.Tidak hanya itu, kerusakan hutan juga disebabkan oleh kebakaran hutan, terutama di pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. Kerusakan hutan di Indonesia itu sekitar dua persen per tahun. Perusakan itu sama dengan 1,87juta hectare setiap tahun. Dan itu sama dengan 51 kilometer per hari atau sama dengan luas  300 lapangan sepak bola setiap jam.



Pemerintah seharusnya bisa mencegah perusakan hutan yang cepat itu dengan memberikan sanksi seberat mungkin kepada pihak-pihak yang melakukan perusakan itu atau kalau perlu hukuman mati kepada yang bersangkutan agar memberikan efek jera .

Untuk kebakaran hutan di Indonesia itu sangat mengganggu sekali, apalagi untuk Negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.Negara Singapura merupakan Negara yang terkena dampak dari kebakaran hutan di Indonesia khususnya di Pulau Sumatera.Polusi udara yang disebabkan dari kebakaran hutan pun mengganggu aktivitas masyarakat Singapura. Padahal aktivitas masyarakat Singapura itu sangat padat.




Untuk itu kita sebagai masyarakat indonesia yang peduli lingkungan harus melakukan sesuatu hal untuk melestarikan hutan kita agar tidak terjadi perusakan yang lebih parah lagi. Salah satunya yakni melakukan reboisasi atau penanaman kembali hutan yang sudah gundul atau sudah rusak. Reboisasi itu harus sering digalakkan karena dengan itu masa depan anak cucu kita akan keberadaan hutan bias terjamin. Selain itu kita juga harus membantu pemerintah dalam memberantas illegal logging.Kita saling bekerjasama untuk melawan pihak-pihak yang melakukan illegal logging tersebut.Dan dengan itu hutan-hutan kita bisa terselamatkan.

0 komentar:

Posting Komentar