BUDI

Selasa, 20 Januari 2015

AIR TERCEMAR ???

AIR TERCEMAR ???
  



“AIR” Kita tidak asing denga kata itu, kita selalu membutuhkan air setiap hari. AIR merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup kita semua, tanpa air kita semua pasti akan mati. Air biasanya digunakan untuk kegiatan manusia seperti dalam kegiatan pertanian, perdagangan, rumah tangga, perindustrian,dan lain-lain. Untuk itu, keberadaan air bersih sangat diperlukan bagi kita. Namun sekarang ini keberadaan air bersih sangat terbatas , terutama di kota=kota besar seperti Jakarta, Surabaya.dan sebagainya. Di kota-kota tersebut banyak sekali pencemaran air yang dilakukan oleh pihak=pihak yang tidak bertanggung jawab.
Banyak limbah pabrik yang dibuang ke sungai sehingga air menjadi “buthek “ atau tidak jernih dan juga menyebabkan air menjadi tercemar sehingga tidak bisa dimanfaatkan. Selain pencemaran air, limbah-limbah yang dibuang ke sungai juga bisa menyebabkan pencemaran udara yaitu timbul bau-bau yang kurang sedap sehingga mengganggu orang-orang yang lewat disekitar sungai tersebut. Sebagai contohnya di Jakarta, sebagian sungai di Jakarta sudah tercemar. Hal itu disebabkan limbah pabrik-pabrik industri. Apalagi di musim hujan bau limbah pabrik itu sangat menyengat dan sangat menggangu masyarakat sekitar.



Selain disebabkan oleh limbah pabrik, pencemaran air biasanya disebabkan oleh limbah rumah tangga. Banyak masyarakat yang membuang sampah di sungai , padahal perbuatan itu bisa merugikan dirinya sendiri dan oranglain atau bahkan merugikan masa depan anak cucu kita nanti. Pencemaran air juga tidak hanya berdampak pada manusia saja tetapi juga makhluk lain seperti tanaman,hewan,dan lainnya karena air yang tercemar itu mengandung zat-zat yang berbahaya yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup tumbuhan dan juga hewan.
Dan kita seharusnya juga bersyukur karena didaerah kita terdapat air yang sudah lebih dari cukup, bayangkan saudara-saudara kita  yang tinggal di daerah yang kekurangan air. Mereka harus berjalan puluhan kilometer untuk bisa mendapatka air.  Untuk itu kita harus sadar akan lingkungan disekitar kita. Kita harus bekerja sama antara pihak satu dengan pihak lainnya untuk merawat dan mencintai alam kita agar ekosistem kita dapat terjaga sehingga anak cucu kita nanti masih dapat menikmatinya . Karena didalam lingkungan alam yang terawatjuga terdapat masyarakat yang sehat.

0 komentar:

Posting Komentar