BUDI

Kamis, 19 Februari 2015

Resensi buku " Cara Praktis Bercocok Tanam Cengkeh "





Judul                           : Cara Praktis Bercocok Tanam Cengkeh
 
Penulis                         : Wahyu Mulyana

Penerbit                       :Aneka Ilmu

Tahun                          : 2002

Jumlah Halaman         : vi + 66



 Pada buku ini menerangkan tentang cara bercocok tanam  tanaman cengkeh. Dari pembibitan sampai dengan pemasaran tanaman cengkeh ada dalam buku ini.
             
Buku ini juga menjelaskan cara penanaman yang mudah untuk menanam cengkeh. Selain itu juga disebutkan hama yang mengganggu tanaman cengkeh yaitu anai – anai , bajing , dan ganggang.
             
Bagian yang tak kalah penting juga adalah masalah pembungaan , masalah ini lebih rumit karena umur tanaman cengkeh yang berbunga itu tidak sama. Sehingga kita harus seringkali mengecek bunga tanaman cengkeh.

Untuk pengelolaan hasil panen cengkeh, bunga cengkeh yang dipetik harus dipisahkan dengan daun yang juga terpetik. Kemudian kumpulkan bunga dan gagang cengkeh lalu tempatkan di sebuah tempat dan diperam selama dua hari sampai warnanya coklat.

Selain itu juga terdapat cara pemasaran tanaman cengkeh, pemasaran cengkeh di Indonesia tidak terlalu sulit karena pemerintah masih memperhatikan para patani tanaman cengkeh.

Kelebihan dari buku ini adalah informasi tentang cengkeh sangat lengkap sehingga memudahkan dalam penyerapan informasi. Buku ini cocok untuk para petani cengkeh yang masih pemula.

0 komentar:

Posting Komentar