BUDI

Kamis, 05 Februari 2015

Menggelar acara musik





Menggelar suatu acara itu mungkin tidak asing bagi kita, apalagi bagi kita yang aktif dalam organisasi. Salah satunya adalah acara musik atau pagelaran musik. Pagelaran musik biasanya banyak kita jumpai di dalam sekolah, di lapangan, atau di auditorium yang megah. Dalam menggelar acara musik itu bisa dikatakan susah-susah gampang, tergantung skalanya. Jika acara musik berskala kecil seperti  acara musik di kelas, itu biasanya lebih mudah dalam proses penyusunan kegiatan.Tetapi jika acara musik dalam skala besar,  seperti konser-konser musisi terkenal itu lebih sulit dalam proses penyusunan kegiatannya.Berikut ini hal- hal yag perlu diperhatikan dalam menggelar suatu acara musik berskala kecil maupun berskala besar :

1.      Panitia

Dalam menggelar suatu acara musik panitia merupakan hal yang paling penting. Panitia merupakan pengatur segala sesuatu tentang sebuah acara. Panitia biasanya dibentuk jauh sebelum acara di gelar. Panitia juga dibagi setiap sub-sub bagian , seperti dekorasi, dokumentasi, konsumsi, dan lain-lain. Dalam suatu acara membutuhkan sikap professional panitianya. Panitia harus disiplin dan saling bekerja sama antara satu dengan yang lain. Koordinasi panitia itu menentukan sukses tidaknya suatu acara.  Jangan sampai ada kesalahpahaman antar panitia karena itu bisa menghambat proses jalannya acara.

2.       Tema acara musik

Tema merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menggelar acara musik . Keberadaan tema akan mempengaruhi komponen lainnya seperti dekorasi. Tema acara musik itu beragam, seperti tema religious, tema klasik, tema tradisional ataupun lainnya.

3.       Pengisi acara

Pengisi acara ini merupakan komponen yang harus dipikirkan oleh panitia.Para pengisi acara ini juga sebagai daya tarik penonton. Para penonton akan puas jika penampilan para pengisi acara itu bagus. Maka dari itu panitia juga harus pintar dalam memilih pengisi acara. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam pemilihan pengisi acara. Kalau terjadi kesalahan, bisa saja menimbulkan kekacauan dan acara yang akan diselenggarakan menjadi morat-marit.

4.       Waktu

Pemilihan waktu yang tepat akan menghasilkan pagelaran yang sukses. Dalam hal ini panitia harus berunding untuk  menetapkan waktu yang pas. Biasanya untuk pagelaran musik baik diadakan pada waktu weekend, karena pada saat itu biasanya akan menyedot penonton yang cukup banyak. Dan bisa memeriahkan acara tersebut.





5.       Perangkat musik

Perangkat musik ini sangatlah penting. Kita harus memilih suatu perangkat musik yang cocok untuk pengisi acara. Perangkat musik ini seperti sound system, alat musik band untuk musik band, alat musik tradisional untuk acara tradisional dan sebagainya.  Biasanya untuk memperoleh perangkat musik, pihak panitia akan menyewa. Tapi para pengisi acara kadang-kadang ada juga yang membawa perangkat musik sendiri.

6.       Dekorasi panggung dan kostum

Untuk memperindah suatu acara musik diperlukan tata dan hiasan panggung. Tata dan hiasan panggung akan bagus jika penataanya juga pas. Hiasan panggung harus sesuai tema. Dan jangan terlalu berlebihan dalam menghias panggung , kalau berlebihan malah terkesan jelek.
Kostum para pengisi acara juga harus disesuaikan tema. Kostum pengisi acara ini haruslah yang sopan, dan menutup aurat.

7.       Dana

Dana untuk menggelar suatu acara musik ini beragam. Untuk acara musik yang sederhana akan membutuhkan dana yang relatif sedikit. Tetapi jika acaranya adalah acara yang megah, akan membutuhkan dana yang cukup besar.Dalam hal ini panitia harus pintar-pintar dalam menggaet sponsor. Dana ini dalam garis besarnya dibutuhkan untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan acara, mulai dari konsumsi, transportasi, keamanan, dan lain-lain. Berarti dalam hal ini panitia harus memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran dana secara cermat  agar tidak terjadi kekacauan.

8.       Keamanan

Pihak keamanan ini sebagai pengawas jalannya acara agar tidak terjadi kerusuhan atau keributan antar penonton.Dalam pengadaan pihak keamanan ini biasanya kita jumpai dalam  acara musik yang berskala besar. Para panitia ini  biasanya meminta bantuan dari anggota kepolisian untu menjadi pihak keamanan.


Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun suatu acara musik, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar